Iranian Supreme Court Revokes Spiritual Leader's Death Sentence (Yahoo News Indonesia)

Supreme Court Revokes Spiritual Leader’s Death Sentence (Yahoo News Indonesia)

All News, Death Sentence, Important News

Source: Yahoo News Indonesia (AFP/Antara)

Iranian Supreme Court Revokes Spiritual Leader's Death Sentence (Yahoo News Indonesia)

Teheran (AFP/Antara) – Mahkamah Agung Iran pada Senin (21/12) mencabut hukuman mati pemimpin spiritual Mohammad Ali Taheri dan mengembalikan kasusnya ke pengadilan yang menjatuhkan hukuman tersebut, kata pengacaranya.

“Saya pergi ke pengadilan hari ini dan diberitahu bahwa putusan itu dibatalkan,” ujar Mahmoud Alizadeh Tabatabayi, seperti dikutip kantor berita Fars.

Pengadilan Revolusioner “harus memeriksa kembali kasus tersebut dan mengeluarkan putusan baru”.

Taheri, yang tidak memiliki pelatihan agama, diketahui telah mendirikan sebuah gerakan spiritual dan membuka praktik pengobatan alternatif.

Setelah sempat ditangkap 2010 lalu, dia ditangkap lagi pada Mei 2011 dan dikurung dalam sel isolasi. Dia dijatuhi hukuman mati pada Juni atas pernyataannya yang “menghina kesucian Islam” dan atas kasus “korupsi”.

Pada Agustus, Komisaris Tinggi HAM PBB, Zeid Ra’ad Al Hussein, meminta agar Taheri dibebaskan secepatnya.

Dalam sebuah pesan yang diunggah ke laman Facebook pada bulan yang sama, Alizadeh mengatakan bahwa kliennya “tidak menyangkal apa pun dari prinsip Islam Syiah dan meyakini serta menaatinya”.

Taheri meminta maaf kepada Pengadilan Revolusioner dan mengatakan dia siap untuk mengakui bahwa keyakinannya salah jika pemerintah meyakini keyakinannya menyimpang dari ajaran Islam, kata pengacara tersebut.(dh/da)

http://goo.gl/dKErGj

Please follow and like us:

Leave a Reply